Tingkatkan Kepatuhan Pengguna Jasa, Bea Cukai Kanwil Jakarta Gelar Sosialisasi

Sebagai upaya memberikan edukasi kepada Pengguna Jasa mengenai Fasilitas kepabeanan, pada hari Kamis (16/03) telah dilaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Fasilitas Kepabeanan di Aula Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta serta melalui virtual conference Zoom Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh 99 Perusahaan Penerima Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Pembebasan dan KITE Pengembalian di wilayah Kantor Wilayah Bea Cukai Jakarta.

Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I, Andi Chusna Prihadiwan membuka acara sosialisasi dan berpesan agar para pengguna jasa dapat memanfaatkan momentum ini sebagai media untuk berkonsultasi mengenai permasalahan dan kendala yang dialami dalam pelayanan Fasilitas kepabeanan. Materi mengenai pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-
145/PMK.04/2022 tentang Pengembalian Bea Masuk yang Telah Dibayar atas Impor Barang dan
Bahan Untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang Pada Barang Lain dengan Tujuan untuk Diekspor dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-149/PMK.04/2022 tentang Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Pertambahan Nilai Atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Impor Barang Dan Barang Untuk Diolah, Dirakit, atau Dipasang Pada Barang Lain dengan Tujuan untuk Diekspor disampaikan oleh Gatot Ramdhan Subrata dan M. Nasiruddin Irfan Fathoni, pelaksana dari Bidang Fasilitas Kepabeanan. Materi yang disampaikan antara lain mengenai Reviu Pengisian PIB dan PEB, LHPRE, BCLKT, IT Inventory, Tindak Lanjut Monitoring serta DHE.

Kegiatan sosialisasi kemudian ditutup dengan diskusi dan tanya jawab seputar peraturan Fasilitas KITE. Fasilitas KITE merupakan Fasilitas yang diberikan kepada barang impor atau barang rakitan yang akan diekspor berupa keringanan bea masuk. Melalui sosialisasi ini diharapkan perusahaan dapat semakin memahami peraturan KITE, sehingga dapat diimplementasikan dengan optimal guna mengurangi potensi kesalahan administrasi dan permasalahan lainnya.

#bckanwiljakarta
#Kjakberintegritas
#IndustrialAssistance
#KemudahanImporTujuanEkspor

Scroll to Top