Bea Cukai Kanwil Jakarta, Musnahkan Barang Hasil Penindakan di Bidang Cukai Senilai 9,5 Miliar Rupiah

Kantor Wilayah Bea Dan Cukai Jakarta melaksanakan pemusnahan Barang Yang Menjadi Milik Negara (BMMN) pada hari Selasa (04/06) di PT Mukti Mandiri Lestari Purwakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Satuan Kerja Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara, Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta, serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (KPKNL) Jakarta II yang telah menetapkan Barang Hasil Penindakan menjadi BMMN dan menerbitkan persetujuan untuk pemusnahan barang tersebut.

Barang yang dimusnahkan adalah Barang Kena Cukai (BKC) Hasil Tembakau (HT) sejumlah 5.458.660 batang rokok, dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp. 2.484.884.000,-. Selain itu, juga dimusnahkan 18.634 botol dan 16 jerigen Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) berbagai merk, jenis, kadar, dan golongan dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp. 7.300.201.600,-. Keseluruhan barang tersebut merupakan hasil penindakan periode tahun 2023 dan sebagian tahun 2024, dengan jenis pelanggaran berupa penggunaan pita cukai palsu dan tanpa dilekati pita cukai. Potensi kerugian negara dari pelanggaran dimaksud sebesar Rp. 5.419.808.660,-, dan atas pelanggaran tersebut, telah ditetapkan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp. 2.133.852.000,-.

Pemusnahan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan transparansi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai kepada masyarakat dalam hal pengawasan di bidang Cukai, sekaligus menjalankan peran sebagai Community Protector atas beredarnya barang-barang yang melanggar Undang-Undang Cukai.

#bckanwiljakarta
#beacukaimakinbaik
#Kjakberintegritas
#CommunityProtector

Scroll to Top